Survey Pre TAS DESA PEMALI

Pada Tanggal 2-6 Februari 2021, Tim Dari Puskesmas Pemali bekerja sama dengan Perangkat Desa Pemali melakukan Kegiatan survey Evaluasi Pravelensi Mikrofilaria Pasca Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis. Desa Pemali dipilih sebagai daerah spotcheck atau Desa Pembanding karena capaian POPM yang rendah di bawah 80%.

Kegiatan ini juga didampingi oleh BTKLPP kelas I Palembang, Dinas Provinsi Babel, dan Dinas kesehatan Kab.Bangka. adapun tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk mengetahui apakah masih terdapat masyarakat yang positif filariasis.

Ada 320 sampel darah yang di ambil, kegiatan ini di laksanakan pada malam hari dari pukul 22.00wib-02.00 wib selama 3 hari. Petugas di bagi menjadi 3 tim dan dibagi ke RT-RT yang ad di desa pemali, sampel di ambil acak dari usia 2 tahun sampai 70 tahun. Kegiatan dilaksanakan secara door to door di karenakan sedang dalam kondisi pandemi, dan terlalu beresiko jika mengumpulkan masyarakat dalam 1 tempat.

Petugas tetap mengikuti porotokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan. Dan masyarakat desa dapat di ajak bekerjasama dalam proses kegiatan pengambilan sampel darah. Di hari ketiga terkumpul 320 sampel. Setelah kegiatan pengambilan sampel selesai, di lakukan uji hasil terhadap sampel-sampel tersebut, uji sampel di lakukan oleh tim BTKLPP kelas 1 Palembang dan Tim dari Kemenkes.

 

Bagian Postingan Ini

Komenetar (0)

Tinggalkan komentar